Solusi Baterai Hp Cepat Habis Padahal Masih Baru

Sahabat sekalian. Apakah anda pernah mengalami baru saja  beli baterai HP, baru sebentar dipakai kok sudah habis?

Baterai cepat habis padahal tidak dipakai. Atau baterai cepat penuh dan cepat habis. Dan anda ingin mengetahui apakah penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan.

Tepat sekali, karena pada kali ini kami ingin memberikan sedikit informasi tentang Solusi Baterai HP Cepat Habis Padahal Masih Baru. 

baterai cepat habis

Saya pernah mengalami mempunyai baterai HP yang saat ngecas begitu lama, tapi saat dipakai malah cepat habis.

Saya cari informasi di dunia maya, ternyata masalah baterai yang cepat habis telah menjadi topik diskusi yang tak ada ujungnya.

Ada yang membahas kenapa baterai HP cepat habis padahal baru di cas, baterai HP berkurang padahal tidak dipakai, dan ada juga yang membahas cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis dan seterusnya.

Banyak pertanyaan yang perlu dibahas secara khusus tentang masalah baterai yang cepat habis secara tidak normal.

Menurut saya, satu hal yang perlu kita ketahui dan pahami yaitu bagaimana cara kita merawat baterai yang baik dan benar.

Banyak tips yang dapat kita coba, tapi harus kita ketahui dan pahami apakah tips tersebut bisa memberikan solusi atau bahkan sebaliknya. 

Agar kita bisa memberikan perlakuan yang tepat terhadap permasalahan baterai yang cepat habis yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah penyebab baterai android cepat habis.

Beterai yang terlalu cepat drop tidak hanya terjadi pada baterai yang sudah melembung atau kembung saja, karena baterai yang terlihat masih normal saja bisa terjadi daya baterai cepat habis.

Solusi Baterai Hp Cepat Habis

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi baterai HP cepat habis padahal masih baru.

Cek Masa Pakai

cek masa pakai baterai android

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah mengecek dengan teliti masa pakai baterai.

Seperti halnya produk-produk makanan dan minuman yang mempunyai tanggal kadaluarsa, baterai HP pun mempunyai kadaluarsa (Cycle Time).

Cycle Time ini biasanya dihitung berapa kali isi daya atau ngecas yaitu jumlah kita saat meng-koneksikan baterai dengan charger.

Masa pakai baterai akan semakin berkurang seiring dengan seberapa sering kita melakukan isi ulang daya baterai HP.

Dan saat masa pakai baterai habis, maka baterai HP akan cepat habis dan sering ngedrop padahal baru saja di cas penuh. Jadi perlu kita cek terlebih dahulu masa pakai baterai.

Hindari Kesalahan Yang Sering Dilakukan

salah cas baterai

Pernahkah kita menggunakan HP kita untuk main game, browsing, telepon dan lain-lain sambil mengisi ulang daya baterai?. Kalau pernah, jangan ulangi lagi ya. Karena ini sangat berbahaya.

Alasan pertama karena akan membahayakan diri kita sendiri. Terlalu berbahaya menggunakan HP sambil isi ulang daya karena ada arus listrik yang terhubung dengan HP kita, ditakutkan akan terjadi konsleting atau tersetrum.

Alasan kedua karena dapat membahayakan perangkat. Perangkat HP akan menjadi panas karena beban yang berat, terjadi pengisian daya dan pengurangan daya dalam waktu yang bersamaan. 

Gunakanlah charger yang ORI, karena charger yang KW biasanya akan memakan waktua yang lebih lama dibanding charger yang ORI.

Baca juga Cara Mengembalikan Bahasa Cina Ke Bahasa Indonesia Hp Oppo

Pastikan OS Tidak Bermasalah

Selanjutnya sahabat harus pastikan sistem android tidak ada masalah. Pastikan ROM yang sahabat gunakan sudah aman dan teruji.

Karena saya pernah mengalami meng-install ROM yang belum jelas dan akibatnya baterai yang semula full saat saya gunakan sebentar saja sudah 50 % dan tidak lamapun langsung drop.

Selain itu kita bisa juga memindahkan baterai yang normal dari HP lain ke HP kita yang sama tipenya.

Kalau ternyata tetap saja baterai cepat habis itu artinya ada komponen tertentu dalam HP kita yang harus segera diganti. Segeralah bawa ke tukang service HP agar kerusakan tidak semakin parah.