Cara Flash Lenovo A6000

Cara Flash Lenovo A6000 – Lenovo memang bukan produk sembarangan. Menurut teman teman saya yang sudah memilikinya pun mengakui kehandalan produk hp lenovo. Setujukah anda?

Bahkan beberapa pemilik jasa servis handphone pun merekomendasikan merek ini. Namun terkadang ada beberapa error software yang sebagian besar kesalahan pengguna. Penyakit yang paling umum adalah lenovo a6000 bootloop. Saya yakin anda juga sudah paham apa penyebabnya.

Bootloop atau gagal booting adalah dimana sistem android anda kehilangan atau mengalami kerusakan pada salah satu atau beberapa file pada sistem. Jika itu terjadi maka sistem tidak akan mampu hidup secara normal. Nah dikarena kan ini adalah hanya error sistem maka anda pun bisa memperbaikinya tanpa memerlukan obeng sama sekali.

Namun kini flashing ulang tidak terbatas hanya untuk mengatasi masalah bootloop saja. Lebih jauh lagi flashing bisa digunakan jika anda ingin meodifikasi tampilan android anda. Misalnya ganti font, ganti bahasa, mengubah tampilan yang sifatnya tidak bisa jika tanpa flashing.

Penasaran? Disini saya akan coba memberikan tutorial cara memperbaikinya. Silahkan simak berikut ini:

situs resmi lenovo https://www3.lenovo.com/id/in/

Tutorial Cara Flashing Lenovo A6000 Via Flashtool QFIL

Bahan – bahan Download via Google Drive

Stock Rom Lenovo A6000 Plus

Proses Flashing Lenovo A6000:

  1. Ekstrak semua bahan yang telah di download.
  2. Install USB Driver Lenovo dan QPST di PC / Laptop.
  3. Matikan Lenovo A6000(untuk memastikan Lenovo A6000 dalam keadaan mati kemudian tunggu lebih kurang sekitar enam detik)
  4. Sekarang hubungkan ke PC menggunakan Kabel USB sambil menekan tombol Volume Up (Lenovo A6000 dalam keadaan mati)
  5. Selanjutnya jalankan “QFIL” yang ada di “All apps” lalu cari QPST yang telah di install tadi.
    Cara Flashing Lenovo A6000
  6. Setelah QFIL terbuka pastikan Lenovo terdeteksi PC dengan keluar tulisan “Qualcomm HS-USB QDLoader 9008” di tools QFIL.
    Cara Flashing Lenovo A6000 Plus
  7. Jika sudah ada tulisan tersebut sekarang klik Browse lalu cari file prog_emmc_firehose_8916.mbn yang ada di folder hasil ekstrak fimware, kemudian klik Open.
  8. Setelah klik Open di file tersebut akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Flashing Lenovo A6000 2
  9. Lalu klik “Load XML”  dan akan muncul“rawprogram_unsparse” klikOpendi file tersebut kemudian akan muncul lagi file “patch0.xml” klik lagi open.
  10. Sekarang klik Download di tools QFIL dan proses flashing akan berjalan tunggu sampai selesai.
  11. Apabila proses Flashing Lenovo A6000 sudah selesai, Lenovo A6000 akan booting secara otomatis.
  12. Selesai

Cara Reset HP Lenovo A6000

Jika a6000 anda mulai terasa lemot atau tidak nyaman digunakan. Salah satu cara untuk membuatnya seperti baru lagi adalah dengan melakukan hard reset. Berikut ini tutorialnya.

  1. Pertama tama matikan dahulu lenovo anda.
  2. Kami sarankan dalam kasus ini isi baterai minimal 50 persen.
  3. Kemudian tekan dan tahan tombol power dengan tombol volume naik.
  4. Anda akan dibawa ke mode recovery. Disini anda tidak bisa menggunakan layar sentuh. Untuk navigasi naik turun gunakan tombol volume. Dan tombol power untuk OK.
  5. Untuk format pilih Wipe/Data Factory Reset. Sebaiknya backup dahulu data anda.
  6. Setelah itu konfirmasi dengan pilih Yes – Delete All User Data.
  7. Jika proses sudah selesai langsung saja direboot dengan pilih reboot system now.
  8. Lenovo a6000 anda akan hidup seperti baru lagi.

Lenovo A6000 Bootloop Tidak Bisa Masuk Recovery

Kadang muncul lagi beberapa masalah tidak bisa masuk ke recovery. Berikut ini cara mengatasinya.

Download Bahan Berikut ini:

  1. Jika sudah didownload. Pertama siilahkan install dahulu ADB Driver. Ketik Y dan Enter.
  2. Kemudian Klik Next dan Install.
  3. ADB Driver sudah terinstall. Lihat pada file TWRP Lenovo a6000. Ubah namanya menjadi recovery.img
  4. Kemudian isi file Flash TWRP ada bile bernama Flash-TWRP.bat dan folder adb.
  5. Pindahkan file recovery.img ke folder adb tersebut.
  6. Di lenovo a6000 masuk mode fastboot. Caranya matikan lenovonya. Tekan tombol volume bawah dan Power sampai muncul logo fastboot. Dan sambungkan ke PC dengan kabel USB.
  7. Sekarang buka file Flash-TWRP.bat
  8. Akan muncul tulisan Press any ke to continue. Pencet saja sembarang tombol, misal spasi.
  9. Jika sudah selesai, silahkan dicoba lagi untuk masuk recovery.
  10. Mudah mudahan berhasil.
  11. Selesai.

Lihat juga Cara Root Oppo F7

Jika anda ingin dapat info dan belajar lebih jauh lagi tentang custom dan perbaikan lenovo a600 bisa ke Forum XDA Lenovo A6000/Plus Disana dibahas lengkap namun berbahasa inggris.

Nah demikianlah cara flash lenovo a6000 via qfil semoga tutorial diatas membantu. Kunjungi androidtechs.com untuk info tips trik android terbaru. Terima kasih sudah berkunjung.

Kedepannya anda mungkin harus lebih berhati hati dalam merawat ponsel kesayangan anda. Karean kasus seperti ini bisa menimpa anda kembali nanti jika anda tidak waspada dalam merawat android anda. Misalnya anda harus berhati hati dalam menginstall aplikasi yang tidak dikenal, jangan sembarangan melakukan root tanpa ilmu pengetahuan yang cukup.

Karena prosedur root yang salah adalah salah satu penyebab bootloop nomor 1 bagi yang hobi oprek android. Saya sendiri sudah puluhan kali mengalami bootloop, namun karena seringnya saya jadi paham bagaimana root dan flasing yang benar.

Spesifikasi Lenovo A6000

Lenovo A6000 didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 berkapasitas 1.2GHz dan dilengkapi dengan RAM 1GB. Ponsel ini memiliki 8GB penyimpanan internal yang bisa diperluas hingga 32GB. Untuk soal Lenovo A6000 mengemas kamera utama 8 megapiksel di bagian belakang dan kamera depan 2 megapiksel untuk selfies.

Lenovo A6000 menjalankan Android 4.4 dan kini juga ada Lollipop didukung oleh baterai yang dapat dilepas 2300mAh. Ukurannya 141.00 x 70.00 x 8.20 (tinggi x lebar x ketebalan) dan berat 128.00 gram.

Lenovo A6000 adalah smartphone dual SIM (GSM dan GSM) yang menerima Micro-SIM dan Micro-SIM. Untuk urusan koneksi ada Wi-Fi, Untuk penunjuk lokasi tentunya sudah integrated GPS, Walaupun jadul namun ada Bluetooth, Radio FM, Sinyal 3G dan tentunya 4G (dengan dukungan untuk Band 40 yang digunakan oleh beberapa jaringan LTE di Dunia) Sensor pada ponsel meliputi sensor jarak, Accelerometer dan Ambient light sensor.

Leave a Comment