Cara Flashing Rom Redmi 3 Distributor ke Rom Global

Xiaomi Redmi 3

Xiaomi Redmi 3 terbaru menawarkan kepada anda smartphone yang murah dengan kualitas yang memadai. Perangkat 5 inci ini dilengkapi dengan prosesor Octa-Core Qualcomm Snapdragon 616 dan sistem operasi Android 5.1 – Lollipop dengan pilihan rona umum silver

Xiaomi pada tipe ini terdapat pembaruan besar yaitu sensor sidik jari di bagian belakang dan peningkatan memori. Perangkat ini dilengkapi dengan Ram 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat diperluas hingga 256 GB.

Dilengkapi Kamera belakang dengan lensa 13 MP, dengan fase deteksi autofokus dan kamera depan terdiri dari lensa 5 MP. Fitur generik lainnya termasuk penandaan geografis, fokus sentuh, deteksi wajah / senyum, HDR dan panorama.

Saat ini pengguna smartphone Xiaomi semakin banyak. Selain itu juga Xiaomi telah menyediakan banyak smartphone yang tidak hanya untuk entry level saja, tapi juga high end, contohnya redmi 3. Tapi, apakah anda sudah tahu bahwa rom Redmi 3 memiliki 2 macam? Yaitu distributor dan global. Dari segi harga pun masih lebih tinggi rom global dibanding rom distributor karena masih orosinil.

Ada kemungkinan juga jika anda mengambil smartphone Xiaomi yang rom distributor sudah tidak original, alias tidak tersegel. rom resmi milik Xiaomi hanya yang menggunakan rom Cina . dan yang menggunakan rom distributor juga tidak akan mendapatkan update begitu juga di seri selanjutnya.

Perbedaan Rom Distributor dan Rom Global

  1. Versi ROM
    Umumnya rom Distributor memiliki kode versi yang tidak iasa. Pada rom MiUI yang global memiliki 4 deret angka saja, sedangkan rom Distributor memiliki 4 sampai 5 angka.
  2. Tingkat Kestabilan
    Sudah dipastikan rom Global lebih stabil dibanding yang rom Distributor. Hal itu dibuktikan dengan aplikasi yang tidak tertutup sendiri dan juga anda tidak harus membukanya lebih awal lagi untuk di rom Global.
  3. Daya Baterai
    Tidak berfokus pada besarnya ukuran baterai ponsel yang anda gunakan, penggunakan baterai akan lebih boros dibanding yang rom Global. Tentu saja hal ini tidak akan anda temukan di rom Global karena tidak ada hal – hal yang menyebabkan itu terjadi.
  4. Update ROM
    Berbeda dengan rom MiUI yang resmi selalu mendapat pembaharuan , sedang untuk yang rom Distributor  tidak. Walaupun anda sudah menggunakan smartphone Xiaomi terbaru selama menggunakan rom Distirbutor tidak akan mendapat update.
  5. Keamanan
    Dan hal yang tidak bisa dianggap kecil adalah keamanan. Masalahnya virus akan mudah masuk jika sistem kemanan lemah. Pada rom Distributor biasanya mudah dihinggapi virus karena banyak bloatware dan adware di dalam dalamnya.

Langkah – langkah Flashing ROM Redmi 3

Persiapan

Terdapat beberapa hal yang harus anda persiapkan, diantaranya :

Langkah – langkah Flashing ROM Redmi 3 Distributor ke ROM Global

  1. Pertama – tama anda bisa install XMT_0.5.2 exe, kemudian tekan next sampai proses selesai
    Setup XiaoMiTool
    Setup XiaoMiTool Finish
  2. Kemudian jalankan XiaomiTools.exe dengan membukanya di folder tempat anda download tadi. Tekan Ok, I understand.
    Jalankan XiaoMiTool
  3. Tools ini akan mengecek apa seluruh driver telah terpasang dengan benar atau belum.
    Checking Drivers
  4. Lalu sambungkan ponsel anda ke PC atau laptop dalam keadaan hidup dengan mengaktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging. Kemudian periksa lagi apakah sudah terhubung atau belum. Kemudian pilih select, lalu pilih yes untuk memulai proses.
    Pilih Select
  5. Selanjutnya sistem akan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk status bootloader.
    Status Checking
  6. 6. Di tahap ini ponsel yang sedang di flashing akan mengalami restart sendiri berkali – kali dan pada aplikasi akan tampil seperti dibawah ini.
    Connect To MiAssistant
  7. Di waktu ini ponsel anda berada di tahap mode recovery. Jika belum, anda bisa pilihan Connect to Mi Assistant dengan cara menekan tombol volume atas dan bawah untuk navigasi, dan power untuk OK.
  8. Jika sudah memilih, tekan OK. Lalu ponsel akan restart dan memiliki tampilan yang berbeda (tidak lagi “Connect To MiAssistant”). Tampilan di Xiaomi Tool akan menjadi seperti di bawah ini.,
    Informasi Rom
  9. Tunggu beberapa saat sampai muncul data rom, lalu pilih dengan menekan select.
    Pilih Rom Global Developer
  10. Tekan confirm pada rom yang sudah anda pilih.

Sebelum melakukan flasih Rom Redmi 3 distributor ke rom global pastikan dahulu bahwa anda telah mengetahui alasan untuk melakukannya. Selain itu juga terdapat beberapa alat yang mungkin harus anda sediakan dahulu dan juga proses yang terlewat. Karena sudah pasti proses flashing tidak akan berhasil. Pastikan juga anda telah mengaktifkan USB Debugging dan OEM unlocking.

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Flashing Rom Redmi 3 Distributor ke Rom Global. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

SELAMAT DATANG
Selamat Datang di ARJUNASOFT.CO.ID Untuk Kerjasama, Kritik, dan Saran Silahkan Email Kami Melalui Halaman Kontak