Petunjuk Dalam melakukan pendaftaran NPWP

Daftar NPWP onlinemenjadi pilihan banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu luang untuk datang secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau enggan untuk mengantri, apalagi di tengah pandemi seperti ini.

Melalui situs pajak.go.id, Ditjen pajak telah menyediakan sarana perpajakan online guna mempermudah dalam kewajiban terkait perpajakan.

Sarana ini telah mencakup seluruh prosedur perpajakan termasuk di dalamnya registrasi untuk mendapatkan NPWP.

NPWP dan persyaratan registrasi

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib pajak, yakni nomor identifikasi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak terhadap seluruh wajib pajak yang mendapatkan penghasilan di Indonesia yang diatur dalam peraturan perundang-undangan bab perpajakan.

NPWP bersifat wajib dimiliki oleh seluruh warga Indonesia baik itu perorangan maupun perusahaan atau badan usaha.

Selain sebagai nomor identifikasi bagi wajib pajak, NPWP juga berguna pada saat melakukan pengajuan kredit kepada bank untuk memperoleh kas, melakukan pengajuan dan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan, mendapatkan keringanan pembayaran tarif pajak, terhindar dari sanksi pidana, melamar pekerjaan, membuat paspor, dan mengklaim uang kelebihan dalam membayar pajak atau restitusi.

Dalam melakukan registrasi baik daftar NPWP online atau offline tidak ada biaya sama sekali, hanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya:

  • Untuk perorangan harus memiliki KTP bagi WNI atau paspor bagi WNA
  • Untuk perusahaan atau badan usaha harus memiliki KTP bagi WNI atau paspor bagi WNA, selain itu harus menyertakan dokumen perizinan kegiatan usaha atau surat keterangan tempat usaha setidak-tidaknya dari Lurah atau Kepala Desa.

Langkah-langkah registrasi online

Berikut ini adalah prosedur dalam melakukan pendaftaran NPWP secara online yakni:

  1. Mengunjungi laman pajak.go.id, klik pada pendaftaran NPWP atau ereg.pajak.go.id sehingga akan dialihkan pada halaman Login.
  2. Jika sudah memiliki akun, masukkan email dan password serta captcha yang diminta namun jika belum memiliki akun maka klik daftar untuk memasukkan email dan captcha.
  3. Cek email verifikasi dari eregistration@pajak.go.id dan klik link tautan
  4. Lengkapi form registrasi dan klik daftar
  5. Pilih status pusat jika masih lajang atau cabang jika sudah menikah dan ingin mendaftarkan pasangan
  6. Lengkapi dokumen persyaratan sesuai klasifikasi wajib pajak
  7. Lengkapi formulir dan status pendaftaran NPWP akan muncul pada laman dashboard.
  8. Klik minta token, salin captcha dan klik submit, selanjutnya token akan dikirim melalui email
  9. Copy token dan paste pada menu kirim yang ada di dashboard lantas klik kirim permohonan
  10. NPWP akan dikirim ke alamat yang bersangkutan jika telah disetujui

Memeriksa status pendaftaran NPWP

Untuk melakukan pengecekan status pendaftaran NPWP dapat dilakukan melalui halaman history pendaftaran atau email.

Jika status ditolak kemungkinan ada dokumen yang tidak lengkap dan dianggap tidak sah sehingga perlu untuk memperbaiki kesalahan dan data yang tidak lengkap pada proses pendaftaran.

Caranya dengan mendaftar kembali sesuai prosedur atau menghubungi KPP terdaftar, bisa juga menghubungi Kring Pajak pada nomor 1500-200 guna memperoleh panduan pengisian formulir untuk daftar NPWP online.

Tinggalkan komentar